Tuesday, February 16, 2016

Sejarah Python


Sejarah Python

Sejarah Python
Python dikembangkan oleh Guido Van Rossum pada tahun 1990 di CWI, Amsterdam sebagai kelanjutan dari bahasa pemrograman ABC. Versi terakhir yang dikeluarkan CWI adalah 1.2.
Tahun 1995, Guido Pindah ke CNRI sambil terus melanjutkan pengembangan Python. Versi terakhir yang dikeluarkan adalah 1.6. Tahun 2000, Guido dan para pengembang inti Python pindah ke BeOpen PythonLabs. Python 2.0 keluarkan oleh BeOpen. Setelah mengeluarkan Python 2.0, Guido dan beberapa anggota tim PythonLabs pindah ke DigitalCreations.
Saat ini pengembangan Python terus dilakukan oleh sekumpulan pemrogram yang dikoordinir Guido dan Python Software Foundation. Python Software Foundation adalah sebuaj organisasi non-profit yang dibentuk sebagai pemegang hak cipta intelektual Python sejak versi 2.1 dan dengan demikian mencegah Python dimiliki oleh perusahaan komersial. Saat ini distribusi Python sudah mencapai versi 2.7 dan 3.0.
Nama Python dipilih oleh Guido sebagai nama bahasa penciptaanya karena kecintaan Guido pada acara televisi Monty Python's Flying Circus. Oleh karena itu seringkali ungkapan-ungkapan khas dari acara tersebut seringkali muncul dalam korespondensi antar pengguna Python.
Python dikenal sebagai bahasa pemrograman yang sederhana, akan tetapi bukan berarti mudah. Yang dimaksud sederhana adalah cara penulisan baris programnya
Contoh :
  1. Untuk memisahkan antar baris pada java kita harus menggunakan karakter ";", sedangkan pada python cukup dengan tekan enter atau pindah baris maka sudah dianggap sebagai akhir baris
  2. Pada Java, kita perlu pendeklarasian tipe data pada suatu variabel, misal:
    int a; float a, b, c;
    sedangkan pada python hal tersebut tak perlu dilakukan, karena python memiliki variabel yang dinamis. tetapi kita juga bisa melakukan pemaksaan tipe data seperti :
    x = int(x)
    y = float(y)
  3. Penulisan konstantanya pun terbilang mudah. Contoh pada java:
    int a;
    a = 20;
    Pada python kita cukup menuliskan:
    a = 20
Dan masih banyak lagi kemudahan penulisaannya. Maka dari itu banyak orang yang senang menggunakan Python, terlebih diluar negeri. Mirisnya di Indonesia masih saja di Manjakan dengan Visual Studio. Dengan tinggal klik sana sini dan sedikit progamming, kita sudah bisa membuat aplikasi.

Sekian dan terima kasih atas kunjungannya, bila ada kesalahan atau kekurangan saya minta maaf :)
Bila ingin copas silahkan cantumkan link berikut.
Source : http://www.sibro21.org/2016/02/sejarah-python.html


(Oleh : )

Berkomentarlah dengan baik kalo bisa yang bersifat membangun biar blog ini dapat terus update dan lebih baik lagi ^_^
EmoticonEmoticon

asjasb