Wednesday, March 2, 2016

Bentuk Pengiriman Paket Data


Hay sobat blogger! Pada kesempatan in sauya akan membahas tentang bentuk-bentuk pengriman paket data. Metode Pengiriman paket data ada yang unicast, broadcast, multicast dan snycast

Bentuk Pengiriman Paket Data

  1. Metode Unicast
  2. Pengiriman packet data pada IP Address umumnya satu paket pengiriman, hal ini yang disebut sebagai metode unicast. Metode Unicast adalah suatu metode pengiriman yang hubungan one-to-one antara satu alamat pengirim dengan satu alamat penerima. Maka paket data akan ditransmisikan dari satu source/sumber ke satu alamat tujuan packet dan bukan kebanyak alamat seperti halnya broadcast dan multicast.
  3. Metode Broadcast
  4. Pada pengiriman paket data akan ditujukan kebanyak alamat dengan kata lain kesemua alamat yang berada dalam satu jaringan (local/LAN). Sehingga setiap alamat IP yang berada pada jaringan local tersebut akan menerima paket yang ditransmisikan oleh satu sumber packet. Sebagai contoh suatu alamat dengan IP 192.168.10.4 melakukan pengiriman paket data maka host berada satu jaringan dengan host tersebut akan menerima packet yang dikirimkan/broadcast. Hal ini akan memberikan kerugian, karena alamat host yang tidak butuh paket akan menerima packet dan akan mengganggu trafik jaringan apabila terlalu banyak packet yang ditransmisikan sia-sia.
  5. Metode Multicast
  6. Metode pengiriman paket data dalam bentuk alamat group. Lain halnya dengan metode broadcast, pada multicast suatu jaringan akan membentuk group dimana group tersebut nantinya akan menerima paket yang dikirim oleh suatu host sehingga akan mengurangi beban jaringan. Dan bagi host yang ingin menerima paket tetapi belum terdaftar pada group tidak akan menerima paket kecuali host tersebut sudah terdaftar IP nya pada suatu group.
  7. Metode Anycast
  8. Apabila suatu pelayanan menggunakan beberapa IP address yang berbeda, kemudian ada pengirim mengirimkan data menuju ke pelayanan tersebut maka akan diteruskan kesalah satu alamat IP tersebut. Contoh, apabila ada 5 server dengan aplikasi FTP yang sama maka apabila terdapat user yang mengakses layanan FTP akan diarahkan kesalah satu dari 5 alamat server yang ada.
Sekian dari saya, kurang lebihnya saya minta maaf :)
Bila ingin copas silahkan cantumkan link berikut.
Source : http://www.sibro21.org/2016/03/bentuk-pengiriman-paket-data.html


(Oleh : )

Berkomentarlah dengan baik kalo bisa yang bersifat membangun biar blog ini dapat terus update dan lebih baik lagi ^_^
EmoticonEmoticon

asjasb