Saturday, April 9, 2016

Pengertian Repository dan Komponennya


Selamat pagi, pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang artikel apa itu repository. Bagi pengguna linux pasti tidak asing dengan satu nama ini, letak repository secara umum berada di /etc/apt/sources.list ,di file atau dokumen sources.list adalah tempat alamat-alamat sumber repository linux mulai dari internet, dvd bahkan kita bisa membuat sendiri repository di jaringan lokal kita. Tidak semua repository itu di pakai oleh banyak distro, pasti ada versi dan distro apa yang cocok sama repositorynya. Misal kita punya distro ubuntu 14.04 lalu kita beri repo ubuntu 15.04 ya tidak bisa lah kan beda versi, harusnya reponya sama dengan versi distronya.

Pengertian Repository dan Komponennya
Nah apa itu repository? Repository atau yang biasa disingkat dengan repo adalah tempat penyimpanan seluruh aplikasi ataupun program yang dibutuhkan oleh distro-distro linux yang telah dikemas dan bisa diakses melalui jaringan internet atau lokal dan juga bisa diakses dari DVD bagi yang mempunyai koneksi lambat. Dari seluruh aplikasi tersebut dapat dikelompokkan ke dalam empat komponen, pengelompokkan dibuat berdasarkan jenis dukungan yang dapat diberikan. Komponen-komponen tersebut adalah main, restricted, universe dan multiverse.
  1. Main
  2. Komponen main berisi aplikasi atau perangkat lunak bebas, dapat didistrbusikan ulang secara bebas dan didukung secara resmi.
  3. Restrictes
  4. Komponen restricted berisi aplikasi atau perangkat lunak yang didukung secara resmi, namun tidak berada dalam lisense dengan penuh.
  5. Universe
  6. Komponen universe berisi aplikasi atau perangkat lunak yang dikelola oleh komunitas-komunitas.
  7. Multiverse
  8. Komponen multiverse berisi aplikasi atau perangkat lunak yang tidak gratis atau tidak bebas.

Bila ingin copas silahkan cantumkan link berikut.
Source : http://www.sibro21.org/2016/04/pengertian-repository-dan-komponennya.html


(Oleh : )

Berkomentarlah dengan baik kalo bisa yang bersifat membangun biar blog ini dapat terus update dan lebih baik lagi ^_^
EmoticonEmoticon

asjasb