Tuesday, November 22, 2016

Alasan Kenapa Anda Harus Belajar IT (Teknologi Informatika)


Seiring Berkembangnya zaman, pasti teknologi maju dan lebih canggih dari tahun sebelumnya dan teknologi itu terus berkembang. Contoh penggunaan teknologi di zaman sekarang seperti ktp elektronik, absen online, bahkan Ujian Online (UNBK), dll. maka tak heran dunia semakin enak tinggal online dirumah saja kita bisa mengakses semuanya.
Alasan Kenapa Anda Harus Belajar IT (Teknologi Informatika)

Seiring perkembangan zaman, kita setiap tahunnya selalu disuguhkan dengan penemuan-penemuan teknologi terbaru. Makin hari, makin menjamur hasil penelitian dan layanan yang luar biasa mengagumkan dalam teknologi. Bila kita tidak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan, kita akan terlindas oleh zaman. Akibatnya, kita menjadi terasing karena gaya hidup orang di sekeliling kita sudah mulai berbeda, sementara kita masih menggunakan cara-cara lama. Belajar teknologi itu penting, karena banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari belajar teknologi terbaru.


Nah apa itu Teknik Informatika?
Teknik Informatika adalah ilmu yang menginduk terhadap ilmu komputer yang secara khusus menangani permasalahan transformasi dan pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer dengan se-optimal mungkin melalui proses-proses logika tertentu. Pada materi ilmu teknik informatika lebih banyak mempelajari dan mengkaji ilmu pemrograman dan komputansi, ilmu rekayasa perangkat lunak, dan materi teknik jaringan komputer.

Teknik informatika mungkin bisa dibilang sebagai jurusan terfavorit di era sekarang. Hal ini dipicu semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi masa kini dan masih sangat minimnya tenaga IT di Indonesia ini.

Sebuah fakta menyebutkan bahwa Indonesia masih membutuhkan kurang lebih 10.000 tenaga IT, tidak heran bahwa tenaga IT professional di Indonesia ini sangatlah dibutuhkan. Oleh karena itu diperlukannya sumber daya manusia yang juga mampu menerapkan dan mengembangkan teknologi informasi di berbagai bidang. Contoh studi jurusan Tekhnik Informatika ditujukan untuk memenuhi kebutuhan di bidang teknologi informasi sebagai sumber daya manusia yang professional.

Sarjana IT tidak hanya menjadi seorang pekerja, namun juga bisa menciptakan pekerjaan sendiri. Para lulusan teknik informatika jika didukung dengan kemampuan wirausaha yang cukup pasti bisa menjadi pengusaha yang sukses. Hal ini di dukung oleh fakta bahwa masih minimnya produk-produk IT buatan dalam negeri. Program-program buatan dalam negeri yang jauh lebih berkualitas dan lebih murah tidak kalah saing dengan produk luar negeri.

Oleh karna itu, Serjana IT diharapkan memiliki kemampuan untuk mengambangkan aspek-aspek dalama teknologi informasi.Dengan kemampuan yang dimiliki lulusan jurusan teknik informatika dapat memiliki peluang kerja yang besar dan bisa menciptakan perusahaan sendiri.

Berikut alasan anda harus belajar IT dan pentingnya anda harus melek IT!
  1. Untuk menjalani hidup lebih percaya diri dan mandiri,
  2. Jika kita mampu menyesuaikan diri, mengikuti dan mengantisipasi perkembangan teknologi, tidak diragukan lagi kita akan bisa melaksanakan dan menjalani berbagai kegiatan dengan lebih mandiri dan percaya diri. Orang yang tidak mengenal kemajuan teknologi biasanya dianggap kuno dan dipanggil dengan si gaptek. Tidak ada lho orang yang suka dipanggil dengan sebutan seperti itu, tidak hanya rasa malu yang didapat tetapi juga penurunan harga diri. Mereka bahkan mengasingkan diri dari pergaulan dan komunitas karena merasa kurang dibanding orang lain. Sepintar dan gaul apapun seseorang saat ini, kalau tidak mengikuti teknologi tetap saja diragukan kepintarannya. Teknologi membuat orang bodoh menjadi cerdas. Sebaliknya, orang yang ahli bisa tampak bodoh karena minim pengetahuan tentang teknologi.
  3. Terlihat Lebih Pintar,
  4. Option (pilihan) kedua setelah fakultas kedokteran pasti akan jatuh ke jurusan komputer. Dalam perhitungan ujian masuk berdasarkan passing grade pun fakultas komputer merupakan peringkat kedua setelah fakultas kedokteran.
  5. Untuk mengembangkan kompetensi dan produktivitas kita,
  6. Teknologi bisa berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas dalam bekerja maupun kegiatan lain seperti belajar. Tak sedikit lho sekarang bermunculan jenis pekerjaan baru yang bertumpu pada teknologi. Bahkan pekerjaan dengan teknologi jauh mencapai hasil yang memuaskan dibanding bekerja dengan sistem manual. Hal yang harus diketahui, seiring kemajuan juga sudah mulai hilang pekerjaan yang berpatokan dengan tenaga. Kini tenaga manusia digantikan oleh mesin. Artinya, akan banyak diantara kita yang akan kehilangan pekerjaan di masa depan. Tak hanya itu, teknologi juga mendukung terjadinya transaksi yang lebih besar dengan biaya yang minim. Ekspor impor tidak lagi seperti dulu tetapi sudah bisa dilakukan dari rumah dengan bisnis online lintas benua. Jadi, jangan menganggap sepele hal ini. Rencanakan kehidupan beberapa tahun mendatang dari sekarang.
  7. Terlihat Lebih Keren,
  8. Percaya atau tidak komputer merupakan ilmu yang tergolong elit dan sangat diminati oleh kalangan terpelajar. Segala hal yang berbau teknologi masa kini tidak akan bisa lepas dari komputer bahkan pengembangan teknologi menggunakan komputer untuk ditingkatkan kemampuannya untuk meringankan pekerjaan yang biasa dilakukan manusia secara manual.
  9. Lebih inisiatif, inovatif dan kreatif,
  10. Pada masa dahulu, sebelum teknologi maju seperti saat ini, sudah banyak juga manusia yang inovatif dan kreatif. Tetapi untuk melakukan sebuah penelitian dan menghasilkan sebuah penemuan, mereka membutuhkan waktu yang sangat lama karena kurangnya dukungan teknologi. Dewasa ini, semakin gencar inovasi dan kreasi dalam berbagai bidang sebab teknologi menjadi salah satu penentu kunci dalam mempercepat hasil penelitian dan penemuan.
  11. Menjadi pemain bukan penonton,
  12. Pada masa sekarang di mana teknologi sedang melaju dengan begitu cepat, kalau kita terlambat mengikuti, kita hanya akan menjadi penonton dan korban yang dimanfaatkan. Lebih ekstrim, mungkin kita akan dijajah oleh golongan tertentu. Tetapi kalau kita mampu menguasainya kita akan menjadi pengendali peradaban. Tidak hanya menikmati teknologi tetapi juga berandil menciptakan teknologi yang lebih canggih.
  13. Menunjang dan Meningkatkan Karir,
  14. Seseorang yang menguasai teknologi komputer akan mampu bekerja lebih produktif dengan waktu dan tenaga yang minim. Bahkan mempelajari komputer merupakan investasi masa depan yang memiliki prospek bagus.
  15. Mencapai efektivitas dan efisiensi.
  16. Harus diakui bahwa teknologi telah memangkas sebagian besar biaya dalam aktivitas manusia. Misalnya, dulu mengirim kabar dengan surat yang dikirim lewat kantor pos, tibanya berhari-hari. Sekarang sekali ketik dan klik, pesan tersampaikan. Begitu juga, pergi ke luar negeri dulu hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang karena biaya yang mahal, sekarang kemajuan teknologi membuat orang kelas bawah pun bisa keluar negeri dengan adanya maskapai penerbangan murah. Terkait pekerjaan, ada lho sekarang orang yang tidak masuk kerja pagi sampai sore. Cuma duduk di rumah di depan komputer, pundi-pundi mengalir terus. Orang yang tidak tahu melihat mereka sebagai pengangguran tetapi sebenarnya mereka dengan lebih cerdas dengan menunggangi teknologi. Keren kan?

Gimana sobat? Tertarik bukan untuk belajar IT? Anak IT itu keren lho dan cool wkwk.
Semoga bermanfaat!

Sumber: "dosenit.com", "www.bocahsoenyi.com", "monitoringclub.org", "mylfblog.blogspot.co.id"

Kata Kunci:
Alasan Kenapa Anda Harus Belajar IT (Teknologi Informatika), alesan belajar It, alesan belajar komputer, kenapa belajar it 2016, kenapa belajar it biar tidak gaptek, gagap teknologi, pengertian it, pengertian teknologi informatika, belajar it 2016, pentingnya belajar it, it masa kini, it masa depan, pentingnya belajar it 2016, pentingnya belajar komputer

Bila ingin copas silahkan cantumkan link berikut.
Source : http://www.sibro21.org/2016/11/alasan-kenapa-anda-harus-belajar-it.html


(Oleh : )

Berkomentarlah dengan baik kalo bisa yang bersifat membangun biar blog ini dapat terus update dan lebih baik lagi ^_^
EmoticonEmoticon

asjasb