Friday, November 18, 2016

Jenis-Jenis Keamanan pada Sistem Operasi Jaringan


Hay sobat! Ternyata jenis kejahatan komputer dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis. Mulai dari jenis yang sangat berbahaya sampai ke jenis kejahatan yang hanya membuat pengguna jaringan kesal. Oleh sebab itu, Sistem keamanan sangat diperlukan untuk si pengguna biar nyaman dan aman!


Jenis-Jenis Keamanan pada Sistem Operasi Jaringan

Sebuah jaringan komputer harus memiliki untuk menghindari berbagai macam serangan oleh para hacker/cracker. Bagi para administrator jaringan pun harus jeli dalam menggunakan jenis sistem keamanan yang digunakan.
Nah ada berbagai jenis keamanan yang anda harus ketahui diantaranya:
  1. Keamanan Fisik
  2. Keamanan Fisik menfokuskan pada strategi untuk mengamankan pekerja atau anggota organisasi, aset fisik, dan tempat kerja dari berbagai ancaman. Jenis keamanan fisik termasuk juga akses orang ke gedung serta perlatan dan media yang digunakan. Keamanan fisik ini meliputi seluruh sistem beserta peralatan, peripheral, dan media yang digunakan. Misalnya: 
    Wiretapping : merupakan jenis Physical security yang berhubungan dnegan akses ke kabel atau komputer yang digunakan, Pada proses wiretapping, penyadapan melakukan proses pengambilan data yang ditransmisikan pada saluran kabel komunikasi dengan menggunakan sambungan perangkat keras. 
    Denial of service : Denial Of`Service biasanya membanjiri jaringan tersebut dengan pesan-pesan yang sangat banyak jumlahnya. Secara sederhana Denial Of Service memanfaatkan celah lubang keamanan pada protokol TCP/IP yang dikenal dengan Syn flood, yaitu sistem target yang dituju akan dibanjiri oleh permintaan yang sangat banyak jumlahnya (Flooding), sehingga akses jaringan menjadi sibuk.
  3. Keamanan Data dan Media
  4. Merupakan jenis keamanan yang berhubungan dengan kelemahan dari software yang digunakan untuk memproses dan megelola data. Kejahatan ini dilakukan oleh seorang yang tidak bertanggung jawab dengan memasang backdoor atau meyebarkan virus atau trojan, dll. sehingga orang tersebut mendapatkan password atau hak akses yang bukan miliknya.
  5. Keamanan Dari Pihak Luar
  6. Memanfaatkan faktor kelemahan atau kecerobohan dari orang menggunakan jaringan tersebut (klien) ini merupakan salah satu tindakan yang diambil oleh seorang hacker maupun cracker untuk dapat masuk pada sistem yang menjadi targetnya. Hal ini biasanya disebut Social Engineering. Social engineering merupakan tingkatan tertinggi dalam dunia hacking.
  7. Keamanan jaringan
  8. Biasanya memanfaatkan celah atau port yang terbuka dll. dan pengamanan jaringan adalah dengan menggunakan firewall atau pun proxy yang digunakan untuk mem-filter user yang akan menggunakan jaringan.
  9. Keamanan Otorisasi Akses
  10. Otorisasi akses adalah penggunaan password atau kata sandi jika kita ingin mengakses sesuatu di jaringan. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan hanya user tertentu saja yang diperbolehkan untuk mengakses jaringan.
  11. Keamanan Proteksi Virus
  12. Virus adalah sebuah metode penyerangan sistem komputer dengan menggunakan sebuah program yang dapat membuat sistem kacau dan mengalami kerusakan. Virus sendiri bisa diatasi dengan menginstall antivirus pada komputer dan selalu update databasenya yang terbaru agar virus kekinian biar kedetect oleh antivirusnya.
  13. Keamanan Dalam Operasi
  14. Merupakan jenis keamanan jaringan yang berhubungan dengan prosedur untuk mengatur dan mengelola sistem keamanan. Makanya harus dibentu SOP (Standar Operasional Prosedur).
Semoga bermanfaat!


Sumber : "http://kang-saleh.blogspot.co.id", "http://iggama.blogspot.co.id", "http://nailahaznamutiara.blogspot.co.id"

Kata Kunci: 
Pengertian Keaman Sistem Operasi Jaringan, Jenis-Jenis Keamanan pada Sistem Operasi Jaringan, Contoh jenis Keamanan pada Sistem Operasi Jaringan

Bila ingin copas silahkan cantumkan link berikut.
Source : http://www.sibro21.org/2016/11/jenis-jenis-keamanan-pada-sistem.html


(Oleh : )

4 komentar

x-) terima kasih lebih banyak gambar lebihbagus terus dikembangkan it solution indonesia

terimakasih atas informasinya, sundul gan mantap, otw kaskus

Berkomentarlah dengan baik kalo bisa yang bersifat membangun biar blog ini dapat terus update dan lebih baik lagi ^_^
EmoticonEmoticon

asjasb