Pengertian Domain

1 min read

Hay sobat blogger !
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu domain. Jika mau tahu tentang domain, hosting dan website silahkan cari diblog ini 😀

Pengertian Domain

Domain
Apa itu domain? Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengindentifikasi nama server komputer seperti website, web server, email server di jaringan internet. Nama domain juga dikenal sebagai suatu kesatuan dari suatu situs web misalnya “sibr21.net”. Nama domain biasanya disebut dengan istilah URL atau alamat website. Domain bertujuan untuk memudahkan pengguna internet ketika melakukan akses ke server, selain untuk mempermudah mengingat nama server yang pernah dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit (alamat IP server).

Domain dibagi menjadi 3 :

  1. Domain TLD (Top Level Domain)
  2. adalah domain-domain yang paling populer dipakai di seluruh dunia seperti .com, .net, .org, .info dan beberapa ekstensi lainnya.

  3. Second Level Domain
  4. adalah domain level2 ( di Indonesia kita juga kenal seperti .co.id, .web.id, net.id, .my.id dan beberapa ekstensi lainnya.

  5. Lower Level Domain
  6. biasanya juga disebut dengan subdomain. misal : .blog.sibro21.net

Jenis-jenis domain berdasarkan Top Level Domainnya:

  1. Global Top Level Domain (gTLD)
  2. adalah domain yang menggunakan ekstensi global/TLD internasional. Ada banyak jumlah gTLD yang bisa digunakan untuk website, diantaranya: .COM (Commercial) untuk perusahaan komersial, .NET (Network) untuk perusahaan jaringan/networking, .ORG (Organization) diperuntukan bagi badan organisasi, .TV (Television) untuk perusahaan penyiaran televisi, .GOV (Goverment) untuk lembaga pemerintahan, dan masih banyak yang lain seperti .cc, .in, .co, .in dan sebagainya

  3. Country COde Top Level DOmain (ccTLD)
  4. adalah domain yang dikhususkan untuk digunakan dimasing-masing negara. Untuk bisa menggunakan ekstensi domain ini harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan pada masing-masing negara. Kalau di Indonesia sendiri minimal mewajibkan .ID (Indonesia) eksetensi doamain negara Indonesia.

Sekian dan terima kasih telah berkunjung dan membaca artike saya. Kurang lebihnya saya minta maaf 🙂

Aljabar Boolean

sibro
1 min read

Yang Dimaksud Swapping

sibro
2 min read

Tentang Memori Internal

sibro
3 min read

Leave a Reply