Perbedaan apt-get update, upgrade, dan dist-upgrade

44 sec read

Kali ini saya akan memposting artikel tentang perbedaan apt-get update, upgrade, dan dist-upgrade di Linux.

Perbedaan apt-get update, upgrade, dan dist-upgrade
  1. apt-get update
  2. Update merupakan pembaharuan yang dirancang untuk memperbaiki masalah dengan memperbaharui sebuah program komputer atau menambah data pendukung, termasuk juga memperbaiki kelemahan-kelemahan (bug) dan meningkatkan kegunaan atau kinerjanya.

  3. apt-get upgrade
  4. Upgrade digunakan untuk menginstall versi terbaru dari semua paket saat ini yang diinstall pada sistem dari sumber-sumber yang telah disebutkan dalam /etc/apt/sources.list . Paket yang terinstall akan di-upgrade dengan versi terbaru yang tersedia, dengan keadaan paket saat ini yang terinstall atau paket yang belum diinstall diambil dan diinstall. Versi baru dari paket yang terinstall yang tidak dapat di-upgrade tanpa mengubah status install dari paket lain akan tetap ada versi mereka saat ini. Update harus dilakukan terlebih dahulu agar apt-get tahu bahwa terdapat versi baru dari paket yang tersedia.

  5. apt-get dist-upgrade
  6. dist-upgrade disamping melakukan fungsi upgrade, juga secara cerdas menangani perubahan ketergantungan paket dengan versi baru, apt-get memiliki “cerdas” sistem resolusi konflik, dan akan mencoba untuk meng-upgrade paket yang paling penting dengan mengorbankan yang kurang penting jika diperlukan. Jadi, perintah dist-upgrade dapat menghapus beberapa paket. File /etce/apt/sources.list berisi daftar lokasi untuk memulai mengambil file paket yang diinginkan.

Oke, sekian dulu postingan saya. Bila ada kesalahan atau kekurangan saya minta maaf 🙂

Aljabar Boolean

sibro
1 min read

Yang Dimaksud Swapping

sibro
2 min read

Tentang Memori Internal

sibro
3 min read

Leave a Reply