Macam-macam Jenis Konfigurasi Jaringan Komputer

2 min read



1.latar Belakang 

Gambar diatas merupakan hasil praktek saya hari ini dan sudah saya lakukan beberapa konfigurasi ,dari apa yang saya praktekkan dalam enam hari terakhir ada beberapa konfigurasi yang sudah saya kuasai,entah saya belum menghitungnya,tetapi saya sangat senang ,saya mempunyai kemajuan dari seminggu ini.Dan setelah saya mempraktekkannya saya akan memberikan beberapa informasi tentang konfigurasi – konfigurasi terhadap jaringan komputer yang telah saya praktekkan dan sudah saya posted sebelumnya

2.Pengertian 

Pengertian konfigurasi adalah pengaturan atau proses pembuatan pengaturan dari bagian-bagian yang membentuk keseluruhan.

  1. Dalam komputer dan jaringan komputer, konfigurasi sering mengacu pada hardware spesifik dan rincian perangkat lunak dalam hal perangkat yang terpasang, kapasitas atau kemampuan, pada sistem yang dibuat.
  2. Dalam jaringan, konfigurasi sering berarti topologi jaringan.
  3. Dalam menginstal hardware dan software, konfigurasi kadang-kadang proses metodis mendefinisikan pilihan yang disediakan.

Pengertian lain dari konfigurasi jaringan adalah sebagai berikut:
Konfigurasi Jaringan menggambarkan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan membangun dan mempertahankan jaringan data. Konfigurasi Jaringan mencakup isu-isu yang berkaitan dengan memungkinkan protokol dari perspektif perangkat lunak, dan isu-isu yang berkaitan dengan router, switch, dan firewall dari perspektif hardware.

3.Jenis Kofigurasi

A.Pengertian DHCP Server
 

DHCP (Dynamic Host Control Protocol) adalah protokol pengalamatan host
secara dinamis. Dalam sebuah jaringan yang besar, akan ada bagian yangpengalamatan IP address tidak begitu kritikal. Di bagian ini pengalamatan IP
bisa dilakukan secara dinamis dan otomatis.

B.Pengertian DNS Server

DNS adalah sebuah layanan untuk menyediakan penerjemahan alamat IP
menjadi nama yang lebih mudah diingat. DNS menyediakan penerjemahan
dua arah, dari IP menjadi nama, atau dari nama menjadi IP.
DNS berjalan di port 53, dia juga terhubung dengan layanan DNS lainya. DNS
bekerja secara hirarki, di mana tingkatan-tingkatan DNS saling berkaitan
dengan yang lainya.

C.Server web 

Dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.
Penggunaan paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web, namun pada praktiknya penggunaannya diperluas sebagai tempat peyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.

Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.

D. Domain Name System (DNS) 

Adalah hirarkis sistem penamaan desentralisasi untuk komputer, jasa, atau sumber daya yang terhubung ke Internet atau jaringan pribadi. 
Sebuah analogi yang sering digunakan untuk menjelaskan Sistem Nama Domain adalah bahwa ia berfungsi sebagai buku telepon untuk Internet dengan menerjemahkan komputer yang ramah manusia hostname menjadi alamat IP. Misalnya, nama domain www.example.com diterjemahkan ke alamat 93.184.216.119 ( IPv4 ) dan 2606: 2800: 220: 6d: 26bf: 1447: 1097: aa7 ( IPv6 ). Tidak seperti buku telepon, DNS dapat dengan cepat diperbarui, memungkinkan lokasi layanan pada jaringan untuk berubah tanpa mempengaruhi pengguna akhir, yang terus menggunakan nama host yang sama. Pengguna mengambil keuntungan dari ini ketika mereka menggunakan bermakna Uniform Resource Locator (URL), dan alamat e-mail tanpa harus mengetahui bagaimana komputer benar-benar menempatkan layanan.


E.Routing Information Protocol (RIP) 

adalah sebuah protokol routing dinamis yang digunakan dalam jaringan LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Oleh karena itu protokol ini diklasifikasikan sebagai Interior Gateway Protocol (IGP). Protokol ini menggunakan algoritma Distance-Vector Routing. Pertama kali didefinisikan dalam RFC 1058 (1988). Protokol ini telah dikembangkan beberapa kali, sehingga terciptalah RIP Versi 2 (RFC 2453). Kedua versi ini masih digunakan sampai sekarang, meskipun begitu secara teknis mereka telah dianggap usang oleh teknik-teknik yang lebih maju, seperti Open Shortest Path First (OSPF) dan protokol OSI IS-IS. RIP juga telah diadaptasi untuk digunakan dalam jaringan IPv6, yang dikenal sebagai standar RIPng (RIP Next Generation / RIP generasi berikutnya), yang diterbitkan dalam RFC 2080

F.Tabel routing

Dalam jaringan komputer tabel routing, atau Routing dasar informasi (RIB), adalah tabel data disimpan dalam router atau jaringan komputer yang berisi daftar rute ke tujuan jaringan tertentu, dan dalam beberapa kasus, metrik (jarak) yang terkait dengan mereka rute. Tabel routing berisi informasi tentang topologi jaringan segera di sekitarnya. Pembangunan tabel routing adalah tujuan utama dari protokol routing . Rute statis entri dibuat di tabel routing dengan cara non-otomatis dan yang tetap bukannya hasil dari beberapa topologi jaringan “penemuan” prosedur.
  
Fungsi utama dari router adalah untuk meneruskan paket ke jaringan tujuan, yang merupakan tujuan alamat IP dari paket. Untuk melakukan hal ini, router perlu mencari informasi routing yang disimpan dalam tabel routing.
Sebuah tabel routing adalah file data dalam RAM yang digunakan untuk menyimpan informasi rute tentang jaringan langsung terhubung dan remote

4.Sumber 

  • Wikipedia
  • Administrasi-Server-X-1.pdf
  • 18-C3-TKJ-Admin-Server-XI-2.pdf
  • http://www.anakciremai.com/2012/11/pengertian-konfigurasi-jaringan.html  

Mungkin Jika ada yang ditanyakan Tolong Komentar ya……. 

Aljabar Boolean

sibro
1 min read

Yang Dimaksud Swapping

sibro
2 min read

Tentang Memori Internal

sibro
3 min read

Leave a Reply