Cara Download VM Virtualbox di Linux Mint 17.3

1 min read

1.Latar Belakang

VM Virtualbox adalah aplikasi virtual machine yang ada pada sstem operasi linux,dan sekarang saya akan menginstal aplikasi ini pada linux mint mate 17.3.
Menginstall VM ini untuk membantu kita dalam menjalankan aplikasi lain seperti Packet Tracer untuk Mikrotik dan untuk menginstal sistem operasi lain.

2.Pengertian

Mesin virtual atau mesin maya (Inggris: virtual machine, disingkat vm) dalam ilmu komputer adalah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli.

Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi “tambahan” di dalam sistem operasi “utama”. Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.
Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC

Sejarah Virtual Box
VirtualBox pertamakali dikembangkan oleh perusahaan Jerman (Innotek GmbH). Pada February 2008, Innotek GmbH diakusisi oleh [Sum Microsystems]. Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi “tambahan” di dalam sistem operasi “utama”.

3.Maksud dan Tujuan
Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.
Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC

4.Langkah Langkah Download VM virtualbox di linux mint 17.3

   A.Lewat Terminal

Buka terminal yang letaknya sebelah kiri Mozila Firefox 

lalu ketik perintah

sudo gedit /etc/apt/sources.list

lalu enter

 setelah itu nanti akan muncul sources.list dari perintah dan belakangnya bertuiskan /trusty contrib.maka tulis satu baris perintah yang digaris bawah merah dibawah main non-free dan save list

 lalu download dan registrasi oracle virtualbox dengan mengetik perintah

wget -q https://www.virtualbox.org/download/oracle_vbox.asc -0- | sudo apt-get add –

setelah itu update dan langsung instal aplikasi dengan perintah

sudo apt-get update && sudo apt-get install virtualbox-4.3 -y

dan apabila ada kata done,maka sudah terinstal

   B.Lewat software manager

buka menu yang ada lambangnya linux mint

 buka software manager lalu isi password.dan jika sudah mulai ketik VM virtualboxlalu enter

 setelah ketemu,pilih yang paling atas

 lalu klik instal

kalau sudah terinstal bisa cari lewat menu>system tools>Oracle VM Virtualbox

5.Kesimpulan
meskipun tidak menginstal lewat terminal itu lebih mudah lewat software manager.Jika ada error,berarti tidak berhasil mengunduh lewat terminal,karena harus memasukan perintah .

6.Sumber
https://www.pcsteps.com/184-install-virtualbox-linux-mint-ubuntu/

Aljabar Boolean

sibro
1 min read

Yang Dimaksud Swapping

sibro
2 min read

Tentang Memori Internal

sibro
3 min read

Leave a Reply