Cara Upload Debian ISO File ke Proxmox

1 min read

Assalamualaikum…

kali ini saya akan bagi bagi pengetahuan kepada teman teman bagaimana cara nya mengupload fileiso yang benar ke proxmox,kebanyakan para awam pengguna proxmox susah untuk mencari dimana letak perintah saat kita mau upload file dari proxmox,jika suadah tidak tau,maka jalan pintasnya adalah membuka aplikasi pihak ketiga seperti filezilla dan sejenisnya agar dapat terkirim dengan cepat.

Tetapi disini ada dua cara yang dapat kita lakukan dalam mengirim iso file ke proxmox tanpa perantara aplikasi pihak ketiga yaitu:

  • koneksi langsung ke hotspot mikrotik dari server
  • koneksi langsung lewat kabel utp yang dihubungkan dari mikrotik server ke komputer tempat kita upload file iso tersebut

untuk lebih jelasnya saya akan membahas tentang opsi pertama yaitu langsung tersambung dengan hotspot mikrotik.


1.Latar Belakang

Sebelum kita ingin menginstal  Debian 8.5 pada proxmox kita,terlebih dahulu kita harus membuat Virtual Machine nya terlebih dahulu,tetapi sebelum kita membuat virtual machine ada lagi syaratnya,harus mempunyai file iso yang harus dimasukkan ke virtual machine tersebut…maka dari itu ,saya akan memberikat petunjuk untuk anda para penggunak Proxmox supaya mengetahui step by step untuk mengupload file iso dari debian 8.5 tersebut


2.Pengertian

Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yang populer dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.
Debian terkenal dengan sikap tegas pada filosofi dari Unix dan perangkat lunak bebas. Debian dapat digunakan pada beragam perangkat keras, mulai dari komputer jinjing dan desktop hingga telepon dan server. Debian fokus pada kestabilan dan keamanan. Debian banyak digunakan sebagai basis dari banyak distribusi GNU/Linux lainnya.
Sistem operasi Debian merupakan gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Xubuntu, Knoppix, Mint, dan sebagainya, maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia.


3.Maksud dan Tujuan

 Mengupload file iso debian 8.5 ke proxmox

4.Alat yang Dipersiapkan

  • komputer yang sudah diinstal proxmox 
  • laptop peremote proxmox


5.Langkah Langkah


 buka proxmox ,kemudian klik dua kali smkn1dlanggu>local (smkn1dlanggu)

 kemudian pilih content >upload

 setelah muncul tampilan dibawah ini,kemudian select file

 kemudian cari file iso debian >open

 setelah muncul file iso nya lalu >upload

 berikut tampilan saat mengupload

 jika udah terupload maka,sudah terdapat file iso nya pada iso image


selesai

6.Hasil dan Kesimpulan
 Jadi mengupload file iso ke proxmox itu sangat lah mudah apa lagi jika langsung menyambung dengan kabel upt langsung ke server nya ,cuma hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

7.Referensi

BLCtelkom

Aljabar Boolean

sibro
1 min read

Yang Dimaksud Swapping

sibro
2 min read

Tentang Memori Internal

sibro
3 min read

Leave a Reply