CCNA R/S Training “EtherChannel”

2 min read

Assalamualaikum

1.Latar Belakang

 Hai teman teman kali ini saya akan membagikan hasil kerja saya dalam hari rabu ini tentang konfigurasi etherchannel,mungkin kalian pada penasaran semua apa sih ether channel itu..ether channel sangat penting sekali dalam hal peningkatan bandwidth


2.Pengertian

Menurut Conlan (2009, p57), EtherChannel adalah sebuah teknik peningkatan agregasi bandwidth antara switch dengan switch (switch to switch), yang memberikan beberapa layanan link secara multipleks melalui port-port switch pada fast atau gigabit ethernet (kartu jaringan), ke satu jalur logikal. EtherChannel dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas bandwidth pada sebuah koneksi ke single server. EtherChannel adalah sebuah metode lintas platform yang mendukung load balancing, diantara perangkat servers, switches dan routers. EtherChannel dapat melakukan kombinasi dua, empat, atau delapan port (tergantung daripada platform switch) menjadi satu logikal link yang terhubung dan dapat juga sekaligus sebagai redundant (backup link).






Komponen-komponen EtherChannel
 

Menurut (Cisco System,Inc), teknologi Cisco EtherChannel terdiri dari beberapa elemen-elemen penting, diantaranya adalah:

a.Fast Ethernet Link

Koneksi Cisco EtherChannel, dapat terdiri dari satu sampai delapan standar industri Fast Ethernet link untuk memuat bandwidth hingga 80 Gbps pada pembagian lalu lintas. Koneksi EtherChannel, dapat melakukan interkoneksi antara LAN switch, router, server dan klien. Dikarenakan load balancing sudah terintegrasi dengan arsitektur Cisco Catalyst ® LAN, maka tidak ada penurunan kinerja ketika admin menambahkan link ke saluran, throughput yang tinggi dan latency rendah dapat dipertahankan sebelum mendapatkan ketersediaan bandwidth yang lebih. Teknologi EtherChannel menyediakan ketahanan link dalam saluran, jika salah satu link gagal, maka lalu lintas langsung diarahkan ke link tersisa. Kesimpulannya adalah teknologi EtherChannel bukanlah tergantung pada jenis medianya. Teknologi EtherChannel  dapat digunakan dengan Ethernet yang berjalan pada kabel unshielded twisted pair (UTP), atau single mode dan multimode fiber optic.

b.Teknologi Cisco 

EtherChannel merupakan fitur standar di seluruh seri Cisco Catalyst
 switch, dan Cisco IOS ® yang berbasis perangkat lunak router. Menggunakan algoritma load-sharing yang digunakan secara bervariasi antar platform, yang memungkinkan untuk menjalankan keputusan berdasarkan sumber atau tujuan melalui pengalamatan berbasis Media Access Control (MAC), IP Address, atau penomoran berbasis port TCP/UDP.


c.Redundansi

Teknologi Cisco EtherChannel tidak memerlukan penggunaan 802.1 D (Spanning Tree Protocol), untuk mempertahankan keadaan topologi dalam saluran. Sebaliknya, ia menggunakan sebuah protokol peer-to-peer, yang menyediakan autokonfigurasi dan konvergensi berbasis subseconds untuk link yang paralel, namun juga memungkinkan protokol tingkat yang lebih tinggi (seperti Spanning Tree Protocol) atau protokol-protokol routing yang digunakan untuk mempertahankan topologi. Pendekatan ini memungkinkan teknologi EtherChannel, menggunakan fitur pemulihan jaringan tanpa menambahkan kompleksitas, atau menciptakan tidak kompatibel nya dengan alat-alat hardware & software dari pihak ketiga.


d.Manajemen
Teknologi Cisco EtherChannel mudah dikonfigurasi dengan antarmuka baris perintah (CLI/Command Line Interface), atau oleh aplikasi berbasis SNMP monitoring seperti CiscoWorks. Seorang manajer jaringan perlu mengidentifikasi, dan menentukan jumlah port yang akan dibuat saluran, dan kemudian menghubungkan perangkat-perangkat tersebut dengan mudah.


EtherChannel

Dibagi menjadi dua

  • Port Aggregation Protocol – PAgP (Cisco proprietary)

PAgP: Protocol proprietary Cisco, digunakan untuk membuat EtherChannel otomatis. Ketika PAgP di set, PAgP packet akan dikirim ke media dan mendeteksi konfigurasi dikedua belah pihak (typically switch) dan memastikan bahwa kedua belah pihak port (media…bisa FastEthernet atau yg lain) compatible untuk di jadikan EtherChannel jika dibutuhkan. PAgP packet dikirim tiap 30 detik “for ensuring consistency”

  • Link Aggregation Control Protocol – LACP (IEEE standard)adalah Protocol open standard punya IEEE (802.3ad), prinsipnya mirip dengan PAgP punya Cisco, cuma LACP bisa digunakan untuk mixed-environtment, klo sesama Cisco…pake PAgP aja


3.Maksud dan Tujuan

Konfigurasi etherchannel menggunakan dua switch dengan interface yang berbeda



4.Alat yang dipersiapkan

  • Cisco packet tarcer
  • laptop



5.Tahap Pengerjaan

PAgP

  • cisco propiery 
  • mode nya ada on,desirable,dan auto

berikut tabel penjelasan tentang Mode yang terdapat dalam PAgp


jadi dapat kita simpulkan channel yang bisa kita gunkan adalah yang  menghsilkan yes yaitu on dan on ,desirable dan desirable,dan desirable dan auto

Contoh dua switch

disini saya menggunakan channel desirable di switch 1 dan auto di switch 2

sw2

#int fa0/1
#channel-group 1 mode desirable
#int fa0/6
#channel-group 1 mode desirable


sw3

#int fa0/1
#channel-group 1 mode auto
#int fa0/6
#channel-group 1 mode auto


sw2

#int port-channel 1
#sw mode tr


sw3

#int port-channel 1
#sw mode tr


LACP

modenya on,active,passive,off..tabel nya seperti gambar di bawah

dengan tabel diatas dapat kita simpulkan bahwa kita cuman bisa menggunkan channel yang punya hasil yes ,yaitu on dan on,active dan active,lalu active dan passive

contoh 2 switch

disini saya menggunakan channel active pada switch1 dan passive di switch 2

sw4

#int fa0/11
#channel-group 1 mode active
#int fa0/17
#channel-group 1 mode active


sw5

#int fa0/11
#channel-group 1 mode passive
#int fa0/17
#channel-group 1 mode passive



sw4

#int port-channel 1
#sw mode tr


sw5

#int port-channel 1
#sw mode tr


 6.Kesimpulan

 Jadi Kita bisa meningkatkan kapasitas bandwidth pada switch tanpa harus mengunakan router

7.Keferensi

Nixtrain

Aljabar Boolean

sibro
1 min read

Yang Dimaksud Swapping

sibro
2 min read

Tentang Memori Internal

sibro
3 min read

Leave a Reply