Membuat Server Debian 8 dengan Topologi A

47 sec read

Membuat Server Debian 8 dengan Topologi A

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat server dengan debian 8, disini saya akan membutuhkan koneksi internet, 2 PC(Router & Server), 1 Laptop sebagai client, 1 Access Point dan beberapa kabel UTP yang sudah jadi. Perlu diingat untuk NIC pada router saya membutuhkan 2 NIC tambahan jadi semuanya ada 3 NIC di router saya dan untuk server hanya 1 NIC saja.
Kenapa saya pakai NIC 3? Karena untuk sambungan ke internet saya pakai interface eth0, eth1 untuk ke server dan eth2 ke client.
Topologinya sebagai berikut :

Membuat Server Debian 8 dengan Topologi A

dengan service layanan kurang lebih seperti ini :
dengan service layanan kurang lebih seperti ini :

Selanjutnya ada beberapa tahapan untuk membuat server. Diantarnya membuat router sebagai gateway, kita bisa membuat firewall, vpn, proxy dan lain-lain tergantung selera atau kegunaan di router kita. Disini saya akan membuat tutorial step by step. Perlu diingat lagi, sebelum membuat server kita harus tahu alamat jaringan yang anda gunakan untuk membuat server. Jika tidak server anda tidak akan tersambung ke internet. Kita juga bisa membuat banyak domain atau sub domain di server kita, tapi ingat ini domain untuk lokal bukan buat publik hanya bisa diakses bila client tersambung ke jaringan lokal kita.
Inilah tutorial untuk membuat server dengan topologi diatas menggunakan debian 8 (jessie).

  1. Install Debian Jessie 8 di PC Router (PC Router)
  2. Cek Interface Debian Router (PC Router)
  3. Mengaktifkan Bash Completion di Debian 8
  4. Konfigurasi IP Address Debian 8 (PC Router)