Wednesday, December 1, 2021

Musik Pop Islami di Indonesia


sumber : istock



Musik Pop Islami di Indonesia - Musik pop adalah musik yang banyak digemari di kalangan anak muda. Negara Indonesia adalah salah satu negara dengan mayoritas jumlah penduduknya beragama Islam. Untuk itu peminat lagu bertema Islami banyak diminati oleh penduduk Indonesia. Terlebih saat mendekati bulan Ramadhan atau bulan besar Islam, banyak bermunculan lagu-lagu bertema Islami yang mewarnai kancah dunia permusikan di Indonesia. Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk para pekerja seni agar mengikuti segmen pasar yang ada sekarang.


Musik bertema Islam bukanlah suatu hal haru, setelah sebelumnya banyak dari para pekerja seni juga ikut membawakan lagu pop bertema Islam. Kini hal tersebut banyak diminati kembali. Meskipun masih terlalu banyak yang menyukai musik dangdut, namun lagu pop tetap memiliki penggemar tersendiri yang setiap saat setia menikmati lagu pop. Setiap orang memiliki selera musik sendiri-sendiri. Untuk itu silahkan menikmati lagu sesuai dengan pilihan yang disukai masing-masing individu.


Mendekati bulan Ramadhan, banyak dari para pekerja seni yang sebelumnya penyanyi lagu pop kini beralih ke musik pop Islam. Jika sebelumnya para pekerja seni terkenal sebagai artis Indonesia dengan karyanya lagu pop, kini mereka ikut menyemarakan dengan lagu Islami sesuai dengan segmen pasar yang diminati. Justru ini menjadi hal positif, karena banyak yang mengikuti. Berikut hal-hal positif dari banyaknya musik jenis pop islami yang kini ada di Infonesia.


Dampak Positif Musik Pop Islami di Indonesia


1. Lirik lagu positif

Dampak banyaknya musik pop Islami di Indonesia, kini sebagai bentuk penyampaian amanat isi lagu yang bersifat mendidik ke jalan yang benar. Jika sebelumnya lagu pop mayoritas bertemankan kegalauan cinta dan keputus asaan dalam hidup. Setelah adanya lagu pop Islami, kini penduduk Indonesia banyak disuguhkan dengan isi lagu yang menjadikan manusia lebih baik lagi. Meskipun banyak yang menganggap hal sepele, namun apa yang didengar itulah yang akan masuk dipikiran bawah sadar manusia. Di saat manusia banyak mendengarkan musik keputusasaan, secara tidak langsung alam bawah sadarnya akan merespon.


2. Berbusana sopan

Indonesia adalah negara yang menganut adab ketimuran. Untuk itu penting dalam berbusana juga harus mengikuti adab ketimuran. Namun kini banyak yang terkikis oleh budaya barat. Dengan mirisnya banyak para pekerja seni yang berbusana kurang sopan untuk dilihat anak kecil. Dengan adanya musik pop Islami, kini secara tidak langsung mengajak para pekerja seni dan penikmat lagunya untuk lebih sopan dalam berbusana sesuai dengan ajaran yang diyakini. Tentu dengan lagu yang banyak beralih ke Islami, penyanyi dan penontonnya akan malu dengan sendirinya jika tidak berpakaian sesuai dengan isi lagu.


3. Pemberi contoh

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat untuk orang lain. Untuk itu penting dalam kehidupan ini selalu memberi contoh yang baik. Jika dulu zaman Walisongo berdakwah melalui media wayang, kini zaman now dapat mengikuti jejak Walisongo dengan mendakwahkan Islam melalui lagu. Hal itulah yang harus disadari, karena jika bukan sekarang, maka Indonesia akan semakin terkikis akhlaknya jika tidak segera diperbaiki. Di saat menyampaikan kebaikan melalui semua lagu pop Islami, maka disaat itulah pahala akan mengalir dengan sendirinya. Untuk itu penting untuk berlomba memberi contoh yang baik.


4. Pembeda yang buruk

Salah satu kunci keberhasilan adalah berani menjadi beda dengan yang lain. Jika teman dan saudara banyak yang menyukai jenis musik lainnya. Maka menyukai musik pop Islami harus tahan banting, pasti akan ada orang yang dengan sengaja mengejek. Namun cukup untuk membalas senyuman setiap ejekan yang diberikan. Sejatinya lagu pop Islami jelas berbeda dengan yang lain. Isi lirik lagu cenderung bertema mengagungkan Allah, solusi permasalahan hidup, mencintai karena Allah dan berbagai tema positif lainnya yang patut dijadikan contoh oleh seorang muslim bersikap dalam kehidupan sehari-hari.


Musik Pop Islami di Indonesia


1. Para Pencari Mu

Lagu yang berjudul "Para Pencari Mu" yang dibawakan oleh band Ungu ini sempat menjadi trending lagu karena banyak yang menyukai lagu ini. Lagu yang bertema Ketuhanan ini dulu terkenal pada zamannya karena selain faktor dari penyanyinya yang sedang naik daun, juga didukung dengan isi lirik lagu yang mencerminkan keadaan para warga Indonesia pada umumnya yang mana beragama Islam namun jauh dari akhlak dan sifat seorang muslim. Lagu ini menjadi soundtranck sinetron Ramadhan dengan judul sinetron "Para Pencari Tuhan" yang dibintangi oleh artis senior Dady Mizwar.


2. Ku Pinang Kau dengan Bismillah

Judul lagi "Ku pinang Kau dengan Bismillah" termasuk musik pop Islami yang sukses dan banyak peminatnya. Lagu yang dibawakan oleh groub band Ungu dan Rossa  ini bertemakan cinta. Download lagu Ku Pinang Kau dengan Bismillah, Namun yang menjadikan lagu ini berbeda dengan lagu bertema cinta yang lainnya adalah lagu ini cinta yang bertumpu pada Allah, bukan hanya sekedar cinta berdasar nafsu belaka. Lagu ini mengajak para penikmat lagu untuk lebih semangat dalam mengadapi ujian hidup berupa kisah cinta. Apapun halangan dan rintangan jika memang diytakdirkan untuk bersama maka apapun rintangannya akan tetap dipertemukan kembali dalam keadaan yang lebih baik lagi.


3. Maulana Ya Maulana

Lagu "Maulana Ya Maulana" adalah lagu pop Islami yang dibawakan oleh groub gambus Sabyan. Lagu ini bertema MengEsakan Allah sebagai wujud Pencipta Kehidupan, sedangkan manusia adalah tempatnya khilaf dan salah. Groub gambus Sabyan meledak dipasaran setelah keberhasilannya dalam mengcover lagu dan dipublikasikan di chanel You Tube Sabyan. Grup gambus Sabyan kini banyak membawakan lagu Islami dan banyak penduduk Indonesia yang menerimanya. Hal ini salah satu wujud pencapaian terbesar, bahwa lagu bertema Islami juga mampu bersaing dengan lagu yang bertema umum.


4. Aisyah Istri Rasulullah

Lagu "Aisyah Istri Rasulullah" sempat menjadi lagu yang trending topik di berbagai chanel YouTube yang mencover lagunya. Hal ini menjadi bukti bahwa lagu pop Islami banyak peminatnya. Lagu yang juga penuh prokontra karena terkait kepemilikan lagu ini menceritakan tentang istri Rasulullah yakni Aisyah, di saat bersama Rasullullah dalam merajut kisah kasih. Lagu ini banyak disukai dari berbagai kalangan baik tua maupun muda, bahkan banyak anak-anak yang ikut mengcover lagunya dengan mengganti lirik yang sesuai lirik anak-anak.


Demikian bahasan seputar musik pop Islami yang mulai diterima semua kalangan baik atas maupun bawah. Bahwasanya banyak segi positif dari adanya lagu pop Islami yakni menjadikan manusia lebih baik lagi. Apa yang didengar dan dilihat itulah yang dicontoh. Untuk itu penting dalam memberikan tontonan dan hiburan yang baik. Jika apa yang dilihat dan didengar adalah suatu kebaikan maka kembalinya juga hal positif juga ke diri sendiri. Mulailah cerdas dalam menentukan pilihan yang terbaik. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk semuanya dan menjadikan manusia yang lebih baik lagi dari sebelumnya.




Bila ingin copas silahkan cantumkan link berikut.
Source : https://www.sibro21.org/2021/12/musik-pop-islami-di-indonesia.html


(Oleh : )

asjasb